Senin, 10 September 2012

KIT/PAKET
Penggantian spare part, secara Paket


Prolog
Dalam dunia spare part, dikenal beberapa part KIT.
Contoh:
- Gear Set/Drive Chain Kit
- Piston Kit
- Cylinder Master Kit
Latar belakang :
Beberapa part, memang tidak diperkenankan diganti secara satuan, merujuk pada contoh di atas, yaitu:
- Drive Chain Kit
Sprocket depan dan belakang, disatukan dalam kehausan oleh Rantai. Artinya tingkat keausan secara umum akan berlangsung secara bersamaan. Pada saat kita hanya mengganti salah satu part, misal Sprocket Drive/depan, maka:
- rantai yang sudah aus/mulur, tidak akan duduk sempurna pada sprocket drive. Ini berbahaya, dan pasti akan timbul suara "krecek2", dimana selanjutnya rantai akan memaksa sprocket tersebut untuk segera sama2 aus, untuk dapat duduk dengan sempurna. Mubazir kan?
- Piston Kit
Sebenarnya, tidak perlu ada Piston satuan, atau piston saja. Piston satuan secara umum, dibeli oleh para modificator, bore up misalnya. Atau mencari bentuk piston dengan perbedaan tinggi dudukan. Namun jika piston digunakan untuk penggantian, maka penggantian tersebut pasti sudah didasari oleh melebarnya atau cacatnya dinding silinder blok. Penggantian hanya Piston, tidak akan memecahkan masalah.

Jika kita merawat sepeda motor, maka sebenarnya tidak perlu ada proses bore up. Karena, jika kita merawat, maka kita akan tau, kapankah ring piston sudah mulai loyo, atau mulai kaku. Ditandai dengan mulai munculnya asap di knalpot. Gantilah segera piston ring.

Penggantian yang terlambat, akan mengakibatkan terjadinya baret di dinding silinder, dan inilah yang menyebabkan terjadinya proses bore up.

Beberapa Item/Part/Proses, yang mengharuskan penggantian tidak hanya satu part
Part
1. Drive Chain Kit/Gear Set
- Lakukan sekaligus, penggantian Karet Tromol/Wheel Damper
=> Sudah pasti karet tromol sudah loyo/aus, karena rantai yang logam saja sudah saatnya diganti kok. Karet tromol yang sudah aus, akan berakibat hilangnya daya redam karet, saat terjadi hentakan pada sprocket. Dirasakan sebagai rantai yang menghentak2, hal ini akan mempercepat mulurnya rantai roda. Rantai roda mulur, sementara sprocket belulah aus.

2. PeggantPer Shock/Front Cushion
- Lakukan penggantian secara set. Penggantian hanya satu sisi, akan mengakibatkan kekuatan yang tidak imbang antara kiri dan kanan. Dan yang paling lemah, akan segera rusak mendahului yang lain (dalam hal ini berarti yang baru.
- Lakukan penggantian juga Oil seal. Oil seal cenderung rusak saat terjadi proses pembongkaran. Walau alasan umumnya adalah: sekalian ganti, karena sudah umur.

Proses
1. Penggantian Oli
- untuk yang menggunakan RIng Oil, lakukan penggantian ring oil , yaitu cincin dari aluminium yang berfungsi sebagai seal/perapat. 
-> Jangan gunakan torsi berlebih, kecuali jika anda ingin membuktikan bahwa baut oli yang dari besi itu lebih keras dari aluminium crankcase anda. Kencangkan baut oli sebesar 1/8 putaran, ini sudah cukup untuk memipihkan ring aluminium untuk berfungsi sebagai perapat.
-> jangan gunakan seal tape. Bayangkan, apakah ulir yang kemudian dibungkus seal tape itu lebih rata sehingga berfungsi sebagai perapat? Tidak. Aktual mereka merapatkan dengan torsi, dan siap2lah ulir oli di crankcase anda tergerus.

2. Setting tappet/Kerenggangan klep
-Ganti O Ring nya
-> Rubber O RIng, setelah dimampatkan dan dipanaskan oleh mesin sekian bulan, akan sudah menjadi kaku, dan kehilangan elastisitas. 

Demikian dulu



4 komentar:

Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 mengatakan...

thanks bro pencerahannya :)
jelas banget...

Pasang Iklan Gratis Langsung Tayang mengatakan...

Salam ...,

Sekedar share info:

ADA PRODUK BARANG/JASA/TOKO ONLINE/BISNIS ONLINE YG INGIN DIPROMOSIKAN?
Pasang Iklan Anda Disini...GRATIS LANGSUNG TAYANG !!!
Atau, Mau PASANG BANNER ? MURAH CUMA Rp.35rB/BLN.

PROMO::
‘... ORDER PAKET IKLAN 2 BULAN, GRATIS 1 BULAN TAYANG ...’

" Pasang Iklan | Gratis | Langsung Tayang "
>> http://webiklangratis01.blogspot.com
Thanks.

joi mengatakan...

trimakasih,,,
infonya sangat menarik,,
mantap,,

Unknown mengatakan...

Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan nomor togel dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEU di 0823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..